//verifikasi //verifikasi [TIPS BLOGGER] Cara Menulis Blog yang Menarik Hati Para Pembaca - Berita Pendapat.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[TIPS BLOGGER] Cara Menulis Blog yang Menarik Hati Para Pembaca

Tips menulis blog

Kamu seorang pelajar ? Banyak tugas laporan?

Sering searching referensi di internet dengan hasil website yang sering dikunjungi ? Benar  situs tersebut disukai banyak orang bahkan search engine googel pun suka.

Atau kamu sering mengunjungi blog yang sama setiap hari ? Benar blog tersebut adalah blog pujaanmu! Blog yang setiap harinya kamu tunggu-tunggu bahkan berkali-kali dicek update artikelnya.

Beberapa pekan ini saya amat gelisah dengan rasa penasaran terhadap situs atau blog yang selalu dapat mempublish artikel-artikel dengan konten menarik dan dilakukan secara konsisten.

Muncul dibenak saya "Bagaimana ya cara menulis artikel agar blog tersebut hingga banyak visitor yang berdatangan dan tak jarang meninggalkan komentar ?"

Kemudian saya sejenak merenung dan akhirnya dengan modal searching mendapatkan jawabannya. Agar blog kita selalu dikunjungi dan menjadi ramai oleh jejak komentar, maka kita perlu mempelajari cara menulis sebuah artikel dengan niat dari hati. Ingat menulis itu pertemuan antara otak, hati dan jari semuanya harus berkesinambungan.

Tentunya artikel yang ditulis adalah artikel dengan isi yang berkualitas sekaligus menarik hati pembaca. Pembaca akan terus berkunjung ke blog yang dianggap memberikan manfaat, atau sekedar memberikan hiburan sejenak. Inilah satu dari berbagai alasan kenapa blog berisi gosip selebritis selalu ramai, ya karna hiburan! Tetapi, apakah kamu mau merasa cukup dengan cara demikian? Tentu tidak.

Sebelum memulai menulis blog, ada beberapa faktor sederhana tapi penting yang sering kali kita lewati dan malah membuat artikel kita tidak menarik bagi pembaca hingga visitorpun sepi.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan agar artikel blogmu dapat menarik hati para pembaca.

  • Tentukan niche (topik) sesuai passionmu.


Misalnya, topik yang menjadi favorit kita dalam sehari-hari adalah soal artis korea maka saat ngeblog yang tepat dan akan enjoy adalah soal everything about korea,
karena kita hobi maka hal tersebut meresa santai dan bahkan anda akan merasa bahagia. Perlu diketahui pula bahwa proses penentuan topik di awal merupakan hal pokok dalam cara menulis blog yang tepat dan menyenangkan.

Salah-salah kamu kamu akan merasa tidak bahagia kalau salah pilih niche. Kemudian untuk topik blog usahakan jangan campuran atau dikenal “gado-gado” karena hal tersebut akan membuat pengunjung merasa tidak betah. Setelah tahu kategorinya, pecah lagi ke dalam beberapa sub-sub topik yang akan dibahas.

  • Viral dan Passionmu

Dua hal tersebut jadikanlah sebagai pokok struktur konten  blogmu. conthnya, saat ini banyak orang yang heboh membahas Game Mobile legends. Jika passionmu adalah gamer maka cocok sekali jika membahas hal tersebut, bukan ? 



Karna passion pasti anda akan memahami pokok bahasan artikel yang akan dibuat. Setelah search di google, anda dapat memilih kata kunci yang direkomendasikan. Dari beberapa kata kunci pilih yang menarik dan dapat dibahas secara enjoy, sebagai contoh saya pilih "mobile legends hero"

  • Siapkan Judul yang Unik, dan Menarik


Setelah topik dipilih, maka selanjutnya adalah menentukan judul artikel, usahakan pilih judul yang tidak membuat pembaca kebingungan. Pilihlah yang sederha, singkat, dan tepat. Contoh judul yang bisa kamu buat adalah:

  1. Si cantik Layla, Hero Mobile Legends yang Pandai Menembak
  2. 10 Hero Baru Mobile Legends yang Bikin Kamu Jatuh Hati


  • Menulislah dengan Sepenuh Hati 


Kamu pernah jatuh cinta ? Maka coba jatuh cintalah dalam menulis. Pastikan Aku dan Kamu, Kita menulis dari hati ke hati. Buatlah sedemikian nyaman dengan menulis sehingga yang membaca akan merasa nyaman karna ditulis dengan hati bukan asal ketik saja. Selain itu, saya rekomendasikan sekali untuk menulis sesuai dengan pengalaman pribadi, bukan berdasarkan pengalaman orang lain. Yang membuat blogmu spesial adalah sentuhan personal melalui apa yang kamu tulis.

  • Tambahkan Gambar yang Mendukung

Jika semua telah dilakukan maka tambahkan pula gambar yang mendukung. Dan tentunya, gambar tersebut mesti mewakili isi konten baik secara langsung, maupun tidak langsung agar lebih memperjelas dari pokok pembahasan serta mempercantik tampilan. Salah satu situs penyedia gambar gratis yang dapat digunakan sebagai penunjang artikel blog kesukaan saya adalah Freepik, PNGfree, dan Pixbay.

  • Pelajarilah Teknik SEO


Dengan melakukan optimasi terhadap Search engine google, hal tersebut tentunya dapat lebih mendongkrak popularitas blog kamu. Menentukan kata kunci artikel blog untuk optimasi SEO, Memilih penggunaan kata pada gambar, membeli template premium, domain blog itu adalah aneka ragam dari SEO.

Sekian tips pada artikel kali ini, akhir kata terima kasih telah berkunjung.

Post a Comment for "[TIPS BLOGGER] Cara Menulis Blog yang Menarik Hati Para Pembaca"